Profil

  • Sejarah Singkat STAI Sunan Pandanaran

Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang terus berkembang sejak berdiri pada tahun 1975. Selain mengelola pendidikan huffadz dan mengembangkan berbagai kegiatan keagamaan, PPSPA juga menyelenggarakan pendidikan pada jenjang RA, MI, MTs, dan MA dengan berpedoman pada paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengedepankan sikap tawassuth (moderat),  tasamuh (toleran), tawazun (egaliter), dan i’tidal (lurus/konsisten).

Guna melaksanakan pendidikan agama yang berkesinambungan dan terintegrasi dalam menyikapi kebutuhan yang kian dirasakan oleh alumni pesantren dan masyarakat luas pada umumnya mengenai tersedianya pendidikan tinggi yang berkualitas, memiliki keberpihakan pada transformasi sosial yang ber-akhlaqul karimah, serta dengan biaya yang terjangkau, maka PPSPA mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran.

Pendirian STAISPA telah mendapatkan ijin resmi dari Dirjen Pendidikan Kementrian Agama RI melalui SK No. DJ.I/149/2012. Pengelolaan STAISPA, dengan dukungan dan dari doa masyarakat luas, berupaya dan berharap STAISPA menjadi salah satu center of excellent pendidikan tinggi dalam bidang studi Islam dari lingkungan pesantren Indonesia.

STAISPA mempunyai program Strata 1 yang terdiri dari lima program studi yakni Program Studi Ilmu Tasawuf, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiaiyah, Pendidikan Bahasa Arab, dan Komunikasi Penyiaran Islam. Sejak didirikan, minat dan kepercayaan masyarakat dan alumni MA Sunan Pandanaran untuk melanjutkan pendidikan di STAISPA semakin meningkat terbukti dengan jumlah mahasiswa yang masuk semakin banyak. STAISPA mempunyai UPT Pusat Kajian Bahasa dan Turats yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas bahasa mahasiswa dan penguasaan kitab kuning. Selain itu, STAISPA juga mengelola LP3M yang bertanggung jawab dalam pengembangan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Visi STAI Sunan Pandanaran

Menjadi pendidikan tinggi yang membawa rahmat bagi semua dengan mendorong lahirnya cendekiawan yang mandiri, mengedepankan nilai kebangsaan, solidaritas sosial, kesejahteraan dan akhlak luhur berlandaskan nilai-nilai etis al-Qur’an dan menjunjung tinggi manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

  • Misi STAI Sunan Pandanaran
    • Menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta yang berkualitas serta mendorong lahirnya para lulusan sarjana dan kaum intelektual yang berwawasan kebangsaan yang menjiwai nilai-nilai al-Qur’an, memiliki kemandirian ekonomi, memiliki semangat dakwah dan solidaritas sosial, serta berakhlak mulia sesuai prinsip-prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah.
    • Melakukan kajian, penelitian, dan pelatihan yang bermanfaat bagi pengembangan komunitas pesantren dan masyarakat multikultur untuk keadilan dan kesejahteraan sosial.
    • Melakukan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian integral dari transformasi pengetahuan yang diolah oleh pendidikan tinggi yang diselenggarakan.
  • Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan di STAI Sunan Pandanaran
    • Melahirkan generasi-generasi bangsa berkualitas dan cerdas menghadapi tantangan bangsa yang terus berkembang dari rahim pendidikan tinggi agama Islam yang berbasis pesantren.
    • Merumuskan nilai-nilai etis al-Qur’an untuk mendukung humanisme Islam.
    • Mentransformasikan nilai-nilai humanisme Islam dalam konteks keindonesiaan yang mengedepankan kemandirian dan solidaritas kebangsaan.