Kunjungan Universitas Gajah Mada di STAISPA

Yogyakarta- Sekolah Tinggi Agama Islam  Sunan Pandanaran (STAISPA) menerima kunjungan dari mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) pada Sabtu (23/11). Sekitar 35 mahasiswa pemeluk agama Katolik yang turut hadir berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) dan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB). Kunjungan yang didampingi oleh A.H. Agus Susanto, S. Sos. M. Mis. ini dikemas dalam bentuk diskusi dan dialog. Hadir dalam forum tersebut dari pihak STAISPA, KH. Jazilus Sakhok, Ph. D., Rifqi Fairuz, M. A, Dr. Rima Ronika dan mahasiswa STAI Sunan Pandanaran. Kedatangan rombongan UGM ini  dalam rangka penggalian pengetahuan mengenai agama Islam dan pondok pesantren. Acara diawali dengan ramah tamah sekaligus pengenalan profil STAISPA dan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.

Pada forum tersebut, KH.Jazilus Sakhok, Ph. D. mengenalkan tentang ajaran Islam yang tawassuth. Beliau juga menyinggung perihal ideologis seorang teroris dimana jauh dari ajaran Islam yang sejatinya. Penjelasan ini dalam rangka menjawab pernyataan publik yang selalu menstigmakan teroris dengan ajaran Islam dengan menilai Islam itu  radikal. Dirasa perlu komunikasi seperti ini supaya terciptanya kedamaian dan keutuhan banagsa. “Kalo belajar Islamnya dari pondok pesantren yang asli Indonesia, pengetahuan keagamaannya pasti rahmatan lil ‘alamin. Jika tidak bersikap begitu, maka Islamnya belum selesai,” ungkap beliau dengan senyuman damai.

Kunjungan seperti ini mendapat respon positif oleh para peserta forum. “Menurut saya, forum yang seperti ini harus dilakukan beberapa kali dalam artian diperluas lagi untuk lingkup dan frekuensinya. Jadi teman-teman yang lain memiliki pandangan yang lebih terbuka terhadap perbedaan dan punya pandangan yang baik dan tempat,” ujar Angelica. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut berharap untuk kedepannya dalam menyikapi keterbatasan waktu, diskusi bisa dilakukan antarmahasiswanya. Pada akhir sesi, mereka ditemani untuk berkeliling area Ponpok Pesantren Sunan Pandanaran untuk lebih mengetahui pesantren. (Melisa/Rizka/red)     

Leave a Comment