Workshop Peningkatan Kapasitas Dosen untuk Penelitian dan Publikasi Jurnal Ilmiah

Minggu, 13 Januari 2018. STAI Sunan Pandanaran kedatangan tamu Dr. Agus Zainal Arifin yang merupakan Dekan Fakultas Teknologi dan Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kunjungan beliau dalam rangka menjadi pemateri dalam dialog peningkatan kapasitas dosen di dunia kampus, khususnya dalam bidang penelitian dan publikasi jurnal ilmiah.
“Nanti kita Sharing dan diskusi santai mengenai problem yang dihadapi oleh dosen STAI Sunan Pandanaran, baik pada tingkat mahasiswa maupun yang lainnya.” Ujar KH. Jazilus Sakhok, Ph.D, Wakil Ketua Bidang Akademik, Administrasi, dan Kemahasiswaan dalam pembukaan kegiatan tersebut.
Kegiatan diselenggarakan di ruang multipurpose Gedung Hijau STAI Sunan Pandanaran. Dimulai dengan perkenalan dari masing-masing dosen yang dilanjutkan sharing beberapa problem yang dihadapi Dosen.
“Tantangan saya selaku dosen adalah mengajar generasi milenial dengan kultur yang berbeda dari dulu yang saya diajari oleh dosen saya. Ada semacam perubahan kultur. Belum lagi pembentukan etika yang dirasa kurang dari generasi sekarang”. Ujar Zeni Hafidhatun Nisak, M.Pd.I., Dosen jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) STAI Sunan Pandanaran.
Kegiatan ini berjalan lancar dengan diskusi aktif-interaktif dari para dosen dan pemateri. Dalam kesempatan ini, Dr. Agus Zainal Arifin menyampaikan beberapa trik untuk bagaimana menghadapi mahasiswa dan menyelesaikan problem-problemn yang ada.
“Problem besar yang ada adalah kumpulan dari problem-problem yang kecil sebenarnya. Jadi harus dipecahkan. Jika masih sulit, maka problem yang kecil tersebut harus di buat sub-masalah lagi. Bagaimana caranya? Dengan cara menganalisanya lalu action. Mari belajar bersama-sama dalam menghadapi problem yang ada.” Ujar Dr. Agus Zainal Arifin.

Leave a Comment