Ngaji Politik Bareng PW Fatayat NU DIY

Dalam rangka menghadapi tahun politik 2019, STAI Sunan Pandanaran bekerjasama dengan Divisi Politik, Hukum, dan Advokasi PW Fatayat NU DIY menggelar kegiatan Ngaji Politik bareng yang bertemakan “Perempuan dan Pemilu 2019”.

Seminar tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 4 Januari 2019 bertempat di ruang multi purpose STAI Sunan Pandanaran dan berlangsung dari pukul 08.00 – 11.30. Hadir sebagai pemberi sambutan bapak H. Jazilus Sakhok, Ph.D. selaku Wakil Bidang Akademik, Administrasi, dan Kemahasiswaan. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi atas diselenggarakannya seminar tersebut. “Kegiatan semacam ini sangat aktual dan kontekstual, khususnya di tahun politik 2019”. Tuturnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Khotimatul Khusna, S.Ag. selaku Ketua PW Fatayat NU DIY. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang diagendakan oleh Fatayat NU dalam rangka memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan termasuk ranah politik.

Kegiatan seminar kali ini diisi oleh tiga narasumber yang memiliki kapasitas dalam bidang keilmuannya masing-masing. Narasumber pertama yaitu Yuni Satia Rahayu, S.S., M.Hum. selaku aktifis perempuan dan pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Sleman periode 2010-2015. Narasumber kedua, Hidayatut Thayyibah selaku KPU Kab. Kulonprogo dan narasumber ketiga adalah Dr. Arie Sujito, S.Sos.,M.Si. selaku pengamat politik dan dosen Fisipol UGM. Adapu yang bertindak sebagai moderator acara ini yaitu Zunly Nadia, M.Hum. yang merupakan dosen STAI Sunan Pandanaran.

“Era reformasi telah banyak memberikan perubahan bagi arah perpolitikan di Indonesia. Munculnya berbagai partai politik, dan perubahan dalam sistem demokrasi Indonesia diharapkan dapat memberikan energy positif bagi kemajuan bangsa di masa mendatang. Dinamika ini tentu saja harus melibatkan pihak perempuan. Perempuan sangat potensial menjadi pendukung demokrasi, yang keterlibatannya dalam politik tentu tidak bisa dikesampingkan”. Terang Yuni, salah satu narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *